Nama : Amelia Putri Liliani
NPM :
10210607
Kelas :
3 EA18
Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan
di Suatu Tempat Wisata
Kepuasan konsumen adalah sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan (perceived)
sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan (Amir, 2005). Kotler(2000)
mengatakan bahwa kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan
harapannya. Kepuasan atau ketidakpuasan konsumen adalah respon terhadap
evaluasi ketidaksesuaian atau diskonfirmasi yang dirasakan antara
harapan sebelumnya dan kinerja aktual
produk yang dirasakan setelah pemakaian (Tse dan Wilson
dalam Nasution, 2004).
Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan senang atau kecewa
seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dibanding
dengan harapannya. Umumnya harapan pelanggan merupakan perkiraan atau keyakinan
pelanggan tentang apa yang akan diterimanya bila ia membeli atau mengkonsumsi
suatu produk. Sedangkan kinerja yang dirasakan adalah daya tanggap pelanggan
terhadap apa yang diterima setelah mengkonsumsi produk yang dibeli. Adapun
indikator-indikator dari kepuasan konsumen dalam penelitian ini adalah:
a. Kenyamanan yang dirasakan pelanggan pada saat
pelayanan diberikan
b. Keyakinan
pelanggan atas pelayanan yang diberikan
c. Minat untuk selalu
menggunakan jasa
d. Perasaan puas atas
perhatian dan pelayanan yang diberikan oleh karyawan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar