Nama : Amelia Putri Liliani
NPM :
10210607
Kelas :
3 EA18
LATAR BELAKANG
Pada era globalisasi, produk atau jasa yang bersaing dalam
satu pasar semakin banyak dan beragam akibat keterbukaan pasar. Sehingga
terjadilah persaingan antar produsen untuk dapat memenuhi kebutuan konsumen
serta memberikan kepuasan kepada pelanggan secara maksimal, karena pada
dasarnya tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan rasa puas pada
pelanggan. Salah satu tindakan untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara
memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya. Kenyataan ini bisa
dilihat, bahwa ada beberapa hal yang dapat memberikan kepuasan pelanggan yaitu
nilai total pelanggan yag terdiri dari nilai produk, nilai pelayanan, nilai
personal, nilai image atau citra, dan biaya total pelanggan yang terdiri dari
biaya moneter, biaya waktu, biaya tenaga, dan biaya pikiran. Dengan adanya
kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan, akan menciptakan
kepuasan bagi para konsumennya. Setelah konsumen merasa puas dengan produk atau
jasa yang diterimanya, konsumen akan membandingkan pelayanan yang diberikan.
Apabila konsumen merasa benar-benar puas, mereka akan membeli ulang serta
memberi rekomendasi kepada orang lain untuk membeli di tempat yang sama. Oleh
karena itu perusahaan harus memulai memikirkan pentingnya pelayanan pelanggan
secara lebih matang melaui kualitas pelayanan, karena kini semakin disadari
bahwa pelayanan (kepuasan pelanggan) merupakan aspek vital dalam rangka
bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan (Tjiptono, 2004:145).
Bersamaan dengan adanya perubahan lingkungan yang terjadi dan adanya perubahan
perilaku manusia, dan aktivitas manusia yang semakin padat setiap harinya, maka
semakin mendorong bertambahnya permintaan akan kebutuhan rekreasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar