Nama : Amelia Putri Liliani
NPM :
10210607
Kelas :
3 EA18
ANALISIS PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN
KONSUMEN
MENGGUNAKAN JASA
PENGINAPAN (VILLA)
AGROWISATA KEBUN TEH
PAGILARAN
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Teori
1. Tangibles
Menurut Zeithaml. et. al. 1985 (Aviliani dan Wilfridus,
1997: 10) wujud fisik (tangible) adalah kebutuhan pelanggan yang berfokus pada
fasilitas fisik seperti gedung dan ruangan, tersedianya tempat parkir,
kebersihan, kerapian dan kenyamanan ruangan, kelengkapan peralatan, sarana
komunikasi serta panampilan karyawan. Adapun indikator-indikator tangible dalam
penelitian ini adalah:
a. Bangunan dan
interior yang bagus dan menarik
b. Kebersihan dan
kenyamanan tempat rekreasi dan villa
c. Kelengkapan
fasilitas yang ditawarkan
d. Kebersihan dan kerapian karyawan
2. Reliability (X2)
Reliability (kehandalan) merupakan kemampuan untuk
memberikan jasa atau pelayanan sebagaimana yang dijanjikan dengan akurat dan
terpercaya. Adapun indikator-indikator reliability dalam penelitian ini
adalah:
a. Kecepatan
receptionist dalam melayani tamu
b. Prosedur pelayanan
atau pendaftaran untuk tamu yang bermalam tidak berbelit-belit
c. Pelayanan yang
memuaskan
3. Responsiveness
(X3)
Responsiveness (daya tanggap/ ketanggapan) adalah kemampuan
untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat. Adapun
indikator-indikator responsiveness dalam penelitian ini adalah:
a. Tanggap terhadap
keluhan pelanggan
b. Kesediaan karyawan
membantu pelanggan atau tamu
c. Kecepatan dalam
menyelesaikan masalah
4. Assurance (X4)
Yaitu mencakup kemampuan pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka untuk
menimbulkan kepercayaan dan keyakinan
sehingga bebas dari bahaya, resiko, ataupun keraguan. Adapun
indikator-indikator assurance dalam penelitian ini adalah: 37
a. Keramahan dalam melayani pelanggan atau
tamu
b. Pengetahuan yang
luas
c. Keamanan konsumen
atau tamu terjamin
5. Emphaty (X5)
Emphaty adalah kesediaan untuk peduli, memberikan perhatian
pribadi bagi pelanggan. Dalam Lupiyoadi (2006:182), pemberian perhatian yang
tulus dan bersifat pribadi, termasuk berupaya memahami keinginan konsumen
adalah termasuk dalam emphaty. Adapun indikator-indikator emphaty dalam penelitian ini adalah:
a. Tersedia layanan
24 jam
b. Mengetahui
keinginan pelanggan atau tamu
c. Mampu
berkomunikasi dengan baik
6. Kepuasan Konsumen
(Y)
Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan senang atau kecewa
seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dibanding
dengan harapannya. Umumnya harapan pelanggan merupakan perkiraan atau keyakinan
pelanggan tentang apa yang akan diterimanya bila ia membeli atau mengkonsumsi
suatu produk. Sedangkan kinerja yang dirasakan adalah daya tanggap pelanggan
terhadap apa yang diterima setelah mengkonsumsi produk yang dibeli. Adapun
indikator-indikator dari kepuasan konsumen dalam penelitian ini adalah:
a. Kenyamanan yang dirasakan pelanggan pada saat
pelayanan diberikan
b. Keyakinan
pelanggan atas pelayanan yang diberikan
c. Minat untuk selalu
menggunakan jasa
d. Perasaan puas atas
perhatian dan pelayanan yang diberikan oleh karyawan.
2.2 Penelitian Terdahulu
1. Penelitian
oleh GHAZALI RAMADHANI mengenai kajian antrian pelayanan ticketing Di The Jungle Waterpark Bogor
, yang bertujuan untuk Mengidentifikasi model antrian yang digunakan The
Jungle Waterpark selama ini , Menganalisis sistem antrian di bagian ticketing pada The Jungle Waterpark yang dapat menghasilkan solusi optimal selama
jam sibuk.
2. Penelitian oleh Dannaningsih\ Popong Nurhayati, Anna Fatchiya. Mengenai tingkat kepuasan pengunjung objek wisata sea world
Indonesia dan bertujuan untuk mengidentifikasi
dan menganalisa atribut yang
mempengaruhi kepuasan pengunjung objek wisata
Sea Wortd Indonesia,
menganalisa tingkat kepuasan
pengur1ung objek wisata Sea World
Indonesia dan menentukan prioritas perbaikan terhadap atribut jasa Sea World Indonesia
untuk meningkatkan kepuasan pelangggan.
2.3 HIPOTESIS
H1: Kualitas
pelayanan konsumen berpengaruh positih terhadap kepuasan konsumen
H2: Kualitas pelayanan
berpengaruh positif terhadap tangibles
H3: Kepuasan konsumen
berpengaruh positif terhadap Reliability
H4: Kepuasan konsumen
berpengaruh positif terhadap Assurance
H5: Kepuasan konsumen
berpengaruh positif terhadap Emphaty
Tidak ada komentar:
Posting Komentar