Nama : Amelia Putri Liliani
NPM/Kelas : 10210607 / 3EA18
ANALISIS JURNAL 1 :
Judul
:
Analisis tingkat kepuasan konsumen
terhadap pelayanan bakmi aisy di Depok
Pengarang
:
Rina Dwiwinarsih
Tema
:
Kepuasan konsumen terhadap pelayanan
dari makanan siap saji
Latar Belakang Masalah
:
Perkembangan
perekonomian membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama dunia usaha pada
saat ini. Di samping itu banyaknya usaha yang bermunculan baik perusahaan kecil
maupun besar berdampak pada persaingan yang ketat antar perusahaan baik yang
sejenis maupun yang tidak sejenis. Oleh karena itu pemasaran merupakan salah
satu kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi persaingan, pengembangan usaha
dan untuk mendapatkan laba, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produknya,
menetapkan harga, dan mengadakan promosi. Dalam pengembangan suatu usaha
dibutuhkan pemasaran yang jitu. Pemasaran merupakan salah satu unsur dalam
kegiatan usaha,terutama makanan siap saji, kebijakan yang diambil dalam
pemasaran akan mempengaruhi maju mundurnya usaha tersebut. Karena yang dihadapi
saat ini bukan hanya bagaimana pelayanan aja, tetapi yang paling penting adalah
beberapa cara pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi pembeli menurut
Kothler (2000) yang mempunyai peranan yang sangat penting harga (price),
tempat (place) dan promosi (promotion).
Mendirikan
suatu perusahaan bukanlah merupakan hal yang mudah, namun memelihara dan
mengembangkan perusahaan yang sudah didirikan tersebut merupakan suatu
pekerjaan yang jauh lebih banyak tantangannya. Masalah-masalah akan selalu
muncul baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan.
Untuk
meningkatkan dan mempertahankan usaha serta persaingan yang ketat diperlukan
suatu cara, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kepuasan konsumen maka
tingkat penjualan dipastikan akan naik. Oleh sebab itu konsumen harus
dipuaskan, jika tidak ini akan berdampak buruk bagi usaha itu sendiri, seperti
menurunnya pendapatan dan hilangnya pelanggan, hal tersebut dikarenakan
konsumen sangat penting sebagai pendapatan, maka perusahaan ini harus berusaha
untuk memaksimalakan pelayanaan terhadap pelanggan.
Masalah
:
Apakah konsumen merasa puas dengan
pelayanan yang diberikan oleh Bakmi Aisy di Depok terutama dalam hal rasa
makanan ?
Tujuan
:
Untuk mengetahui bagaimana pelayanan
yang diberikan oleh Bakmi Aisy di Depok sehingga konsumen merasa puas.
Metodologi
:
-
Data dan sampel : 50 orang
konsumen (pelanggan) sebanyak 10 pertanyaaan yang dilaksanakan di Bakmi Aisy
-
Alat
analisis
: uji chi square dan uji skala likert
-
Metode penelitian : menggunakan
analisis deskriptif kualitatif
-
Variable penelitian : Reliability
(Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Kemampuan), Tangible
(fasilitas) dan Emphaty (Perhatian).
-
Tahapan penelitian :
1.
Pengambilan
Sampel
Pengambilan
sampel dilakuakan dengan cara system acak (system ramdom sampling) di Bakmi
Aisy di Depok.
2.
Bentuk
Pertanyaan
Bentuk
pertanyaan adalah tertutup, yaitu jawaban dari soal yang diberikan sudah
disediakan sehingga responden atau konsumen tinggal memilih jawaban yang
sesuai.
3.
Kriteria
Penilaian
Untuk
mengetahui Analisis Kepuasan Konsumen terhadap pelayanan yang ada pada Pada
Bakmi Aisy di Depok yang berupa data kualitatif tersebut diubah menjadi data
kuantitatif.
Analisis dan
Hasil
:
Dapat
dilihat bahwa dari 50 responden, sebanyak 11.4% (5 responden) menyatakan sangat
puas, 38% (19 responden) meyatakan puas , 41.4% (21 responden) menyatakan cukup
puas, 7.8% (3 responden) menyatakan kurang puas, dan 1.4% (2 responden)
Menyatakan tidak puas Dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata
konsumen merasa Cukup Puas dengan keseluruhan pelayanan yang diberikan oleh
Bakmi Aisy Depok. Maka dapat disimpulkan :
1.
Bahwa dari 50 responden, beberapa responden menyatakan Puas terhadap pelayanan
Bakmi Aisy di Depok. Hal ini diperoleh dari perhitungan dengan analisis Chi
Square, dimana Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti komsumen merasa puas
terhadap pelayanan Bakmi Aisy di Depok diantaranya dalam hal rasa serta
lokasinya yg strategis.
2.
Mengacu pada kualitas pelayanan dengan 5 dimensi kualitas pelayanan yang
menentukan mutu jasa Bakmi Aisy di Depok. Yaitu Dimensi Reliability,yaitu
berupa harga yang di berikan, pelayanannya serta cara pembayaran yang
dilakukan. Dimensi Responsiveness yaitu kecepatan pelayanan dalam mengantarkan
makanan serta proses promosi yang dilakukan dalam menarik konsumen untuk datang
dan menikmati Bakmi Aisy ini. Dimensi Assurance yaitu keramahan yang diberikan
terhadap konsumen. Dimensi Emphaty yaitu cita rasa makanan yang ditawarkan oleh
Bakmi Aisy. dan terakhir adalah Dimensi Tangible yaitu berupa kebersihan
tempat, lokasi usaha yang cukup strategis serta area parker. Dari semua dimemsi
tersebut maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut dimana konsumen merasa cukup
puas bahkan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Bakmi Aisy ini dapat
dilihat dengan jumlah persentasenya sebesar 79,4% atau sebanyak 40 responden.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar