Nama :
Amelia Putri Liliani
NPM/Kelas :
10210607 / 3EA18
Analisis Jurnal 2 :
Judul
:
Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan
Konsumen Pada Ritel Hipermarket di Depok
Pengarang
:
Raudhah Maria Ulfah
Tema
:
Mengetehui variable pembentuk
kepuasan konsumen
Latar belakang masalah
:
Industri
Ritel yang tumbuh pesat dewasa ini merupakan hasil dari meningkatnya beragam
hasil produksi yang dikemas dan ditata dalam rupa yang yang lebih menarik, dan
juga keperluan konsumen terhadap barang meningkat baik dalam kualitas maupun
kuantitas. Peluang inilah yang ditangkap oleh pemodal asing yang demikan agresif
membangun jaringan ritel di kota-kota besar di Indonesia. Ketatnya persaingan
membuat pemasar sulit untuk bersaing dalam inovasi produk. Perkembangan
teknologi yang semakin cepat menyebabkan sesuatu hal baru dengan mudah akan
dapat ditiru oleh orang lain, sehingga peranan layanan konsumen menjadi
penting. Kualitas yang ditawarkan akhirnya tidak hanya ditentukan kualitas
produk tapi juga oleh kualitas jasa. (Kartajaya, 1994:34). Melihat banyaknya
konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan beraneka ragam saat ini,
membuat peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk mendirikan tempat ritel
modern di kota Depok, bisa dilihat ritel modern baru di Depok, misalnya
Hypermart, Giant, Carrefour dan masih ada beberapa ritel modern yang lain.
Masalah
:
Bagaimana cara pengusaha ritel
bersaing dalam memperoleh simpati konsumen ?
Tujuan
:
-
untuk mengidentifikasi variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel
hipermarket di Depok
-
untuk mengetahui seberapa besar hubungan antar variabel pembentukkepuasan
konsumen pada ritel hipermarket di Depok.
Metodologi
:
-
Data
: Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang
diambil melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen hipermarket di Depok
pada bulan Mei – Agustus 2008.
-
Sampel
: Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan
anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan
strata yang ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam
penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 100 orang konsumen pada ritel
hipermarket di Depok.
-
Alat analisis
: Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji
validitas, uji reabilitas, analisis korelasi, dan analisis faktor dengan alat
analisis SPSS versi 11.
-
Variable penelitian : variabel daya
tanggap, variabel jaminan, variabel empati, variabel keandalan, dan yang
terakhir adalah variable bukti fisik.
Analisis dan
hasil
:
Dari lima variabel yang telah diuji
dan dianalisis dapat disimpulkan sebagai berikut:
- Hubungan antar variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel hypermarket di Depok adalah signifikan.
- Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mampu membentuk komponen utama kepuasan konsumen.
- Dari lima variabel yang paling dominan membentuk kepuasan konsumen pada ritel hipermarket adalah variabel Daya Tanggap.
Dengan
mengetahui bahwa lima variabel kualitas jasa dapat membentuk kepuasan konsumen
pada ritel hipermarket di Depok, maka penelitian ini bisa menjadi masukan bagi
pengusaha ritel modern untuk lebih memahami konsumen dan mengaplikasikannya
kedalam strategi pemasaran.
Daya
Tanggap menunjukkan variabel yang paling mendominasi dalam membentuk kepuasan
konsumen berbelanja pada ritel hipermarket di Depok, untuk variabel-variabel
yang lain perlu adanya evaluasi dan peningkatan pelayanan yang telah disediakan
agar pelayanan kualitas jasa yang disediakan pada ritel hypermarket diterima
baik oleh konsumen.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar