Nama : Amelia Putri
Liliani
Npm/Kelas : 10210607 / 3 EA 18
PERILAKU KONSUMEN TERHADAP
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Produsen mempergunakan kemajuan teknologi sebagai
alat efisiensi produksi untuk menghasilkan barang dengan biaya murah. Di
samping itu, produsen turut serta dalam mengembangkan teknologi di bidang
ekonomi untuk mensosialisasikan produknya pada konsumen. Di jaman modern
seperti ini perkembangan teknologi sangat canggih. tak heran lagi, para
konsumen pun berbondong-bondong untuk menggunakan teknologi tersebut. Internet
adalah kemajuan IT yang sangat mempengaruhi perilaku konsumen.Dengan
menggunakan internet konsumen bisa mendapatkan informasi apapun yang di
butuhkan semua itu dapat dicari dengan menggunakan internet. Mulai dari
informasi yang sifatnya formal sampai yang informal.
Kita
sebagai konsumen cukup dimanjakan dengan kehadiran fasilitas tersebut.
Tentunya, secara tidak langsung hal tersebut mempengaruhi pola perilaku sebagai
seorang konsumen. Di antara pola perilaku yang mengalami perubahan tersebut
yakni sikap kritis kita. Kita-sebagai konsumen-menjadi lebih kritis dan
selektif dalam membeli barang melalui berbagai informasi yang kita dapatkan
dari berbagai media.
Teknologi Informasi sangat mempengaruhi konsumen
dalam keputusan untuk membeli sebuah barang atau produk. Kemajuan peradaban manusia di bidang ilmu pengetahuan dan
teknologi pada abad informasi ini teelah memudahkan manusia berkomunikasi
antara satu dengan lainnya. Keunggulan atau dampak positif dari kemajuan
teknologi informasi sangat besar manfaatnya. Tetapi, tidak dapat dielakkan juga
bahwa dampak negatif yang dihasilkan oleh teknologi informasi ini juga muncul.
Dampak negatif dari adanya
teknologi, terutama internet, yaitu terjadinya kejahatan dunia maya, yang
sering sekali terjadi seperti pembajakan-pembajakan sofware, penipuan-penipuan
yang menggunakan sarana internet. Dampak dari kemajuan teknologi yang tidak
sehat akan sangat berbahaya, jika kita tidak hati-hati dalam menyerap
informasi-informasi apa saja yang penting dan bermanfaat untuk kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar