Nama : Amelia Putri
Liliani
Npm/Kelas : 10210607 / 3 EA 18
PENGERTIAN PERILAKU
KONSUMEN
Menurut saya sesuai
dengan namanya “Perilaku konsumen” maka akan membahas segala sesuatu mengenai
perilaku seorang konsumen terhadap produk maupun jasa yang akan dipilih dan di
gunakannya demi memenuhi kebutuhan konsumen itu sendiri. Dalam kata lain
perilaku konsumen mengikutkan pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan
aksi yang dilakukan saat proses konsumsi. Perilaku konsumen akan diperlihatkan
dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian dan setelah
pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen melakukan pencarian informasi
yang terkait produk dan atau jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan
melakukan pembelian produk dan atau jasa. Pada tahap setelah pembelian,
konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk dan
akhirnya membuang produk setelah di gunakan. Dalam hal ini konsumen akan
memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang pembelian dan konsumsi yang mereka
terapkan pada perilaku yang berhubungan di masa akan datang.
Studi mengenai perilaku
konsumen adalah sangat penting karena dalam menjalankan konsep pemasaran suatu
perusahaan tanpa adanya suatu pemahaman dan pengertian tentang konsumen
sasaran, suatu perusahaan tidak dapat dikatakan telah menjadikan konsep
pemasaran sebagai pedoman walaupun perusahaan tersebut telah menjalankan fungsi
pemasaran dengan baik. Untuk mengetahui dengan jelas perilaku konsumen ini,
seorang pemasar harus melakukan penelitian sebagai langkah awal untuk
mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.
Penelitian di lakukan dalam upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai karakteristik perilaku konsumen sehingga pemasar akan lebih mengenal siapa konsumennya dan bagaimana perilaku mereka dalam mencari, menggunakan dan membuang produk.
Penelitian di lakukan dalam upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai karakteristik perilaku konsumen sehingga pemasar akan lebih mengenal siapa konsumennya dan bagaimana perilaku mereka dalam mencari, menggunakan dan membuang produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar