Jumat, 19 Oktober 2012

PERILAKU KONSUMEN 1


Nama          : Amelia Putri Liliani
Npm/Kelas  : 10210607 / 3 EA 18



PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN

Menurut saya sesuai dengan namanya “Perilaku konsumen” maka akan membahas segala sesuatu mengenai perilaku seorang konsumen terhadap produk maupun jasa yang akan dipilih dan di gunakannya demi memenuhi kebutuhan konsumen itu sendiri. Dalam kata lain perilaku konsumen mengikutkan pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan aksi yang dilakukan saat proses konsumsi. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan atau jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk dan atau jasa. Pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk dan akhirnya membuang produk setelah di gunakan. Dalam hal ini konsumen akan memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang pembelian dan konsumsi yang mereka terapkan pada perilaku yang berhubungan di masa akan datang.

Studi mengenai perilaku konsumen adalah sangat penting karena dalam menjalankan konsep pemasaran suatu perusahaan tanpa adanya suatu pemahaman dan pengertian tentang konsumen sasaran, suatu perusahaan tidak dapat dikatakan telah menjadikan konsep pemasaran sebagai pedoman walaupun perusahaan tersebut telah menjalankan fungsi pemasaran dengan baik. Untuk mengetahui dengan jelas perilaku konsumen ini, seorang pemasar harus melakukan penelitian sebagai langkah awal untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

Penelitian di lakukan dalam upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai karakteristik perilaku konsumen sehingga pemasar akan lebih mengenal siapa konsumennya dan bagaimana perilaku mereka dalam mencari, menggunakan dan membuang produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar