Rabu, 28 Maret 2012

PERILAKU PENGORGANISASIAN


A.    Organisasi
Merupakan sekumpulan orang yang melakukan kegiatan merancang stuktur formal, dan mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas diantara anggota untuk mencapai tujuan yang sama.
Banyak bentuk organisasi di masyarakat, misalnya negara, partai politik, perkumpulan masyarakat, bahkan bentuk organisasi yang paling kecil yaitu keluarga, dan sebagainya. Kata organisasi mempunyai dua pengertian umum, yaitu sebagai suatu lembaga atau fungsional, seperti perguruan tinggi, rumah sakit, perwakilan pemerintah , perwakilan dagang, perkumpulan olah raga dan lain sebagainya, lainnya sebagai proses pengorganisasian pengalokasian dan penugasan para anggotanya untuk mencapai tujuan yang efektif.
Ø   Unsur – unsur organisasi :
·      Adanya tujuan bersama.
·      Adanya kerjasama dua orang atau lebih.
·      Adanya pembagian tugas.
·      Adanya keinginan untuk bekerjasama.

B.     Perilaku individu
Merupakan suatu fungsi dari interaksi antara individu dengan lingkungan. Kehidupan seseorang itu dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Misalnya, motivasi seseorang untuk membeli baju bermerk terkenal sebenarnya adalah hanya untuk dapat diterima dalam kelompok masyarakat golongan tetentu saja.
Ø Karakter biografis
Ø Kemampuan : kemampuan intelektual dan kemampuan fisik
Ø Kepribadian
Ø Pembelajaran : proses perubahan pemikiran atau pemahaman seseorang karena adanya pengalaman – pengalaman pribadi sebelumnya. Maka apabila seseorang mempunyai pengalaman yang luas akan mempunyai tingkat pemahaman atau wawasan yang luas pula.

C.    Perilaku kelompok internasional
Ø   Proses kelompok dibagi 2, yaitu :
·  Sinerji : berkesinambungan atau dampak yang dihasilkan dari kesitaraan antara dua orang yang bergabung. Contohnya : kemalasan sosial.
·  Efek fasilitas sosial : kecenderungan membaik atau memburuknya kinerja sebagai respon. Contohnya : memberi motivasi atau teguran keras.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar